Promosikan STBM Lima Pilar, Fasdes Gandeng Kader

Menunaikan tugasnya selaku Fasilitator Desa (Fasdes) pendukung percepatan deklarasi STBM Lima Pilar di Desa Timbanuh Kecamatan Pringgasela, Dedy, menggencarkan monitoring. Monitoring untuk lima pilar STBM dilakukan secara bersamaan, namun untuk bulan ini sesuai dengan hasil pembahasan monitoring bulan lalu, kegiatan itu difokuskan pada promosi pilar 1 dan pilar 4.

Opsi pilar 1 ditawarkan, guna memperkuat pemicuan Desa bebas BAB sembarangan, atau tidak ada lagi warga yg buang air besar sembarangan. Untuk itu bagi rumah tangga yang belum mampu membangun jamaban keluarga sendiri, bisa mengupayakan penggunaan bersama 1 jamban untuk 2 rumah. Sementara pada opsi pilar 4, dilakukan pemilahan sampah organik dan anorganik. Sampah organik dimasukkan dalam lubang yang digali sendiri untuk membuat pupuk, sedangkan yang anorganik dibakar.

DSC06024

Dalam melaksanakan pengumpulan data dan promosi ditingkat rumah tangga, diperankan 20 orang kader selama satu minggu dan masing-masing kader bertanggung jawab di setiap RT. Kader dalam melaksanakan tugasnya, didampingi Ketua Rt dan Kadus. Hasil pendataan dilakukan secara berantai, hasil rekap Rt disampakan ke dusun, kemudian Kepala Dusun menyampaikannya ke Desa untuk direkap di desa oleh staf desa.

Hasil rekap desa dilaporkan kepada Kepala desa oleh Fasdes untuk kemudian dibahas dan analisa pada pertemuan tingkat desa untuk menyusun rencana aksi sebagai tindak lanjut dan strategi dalam mencapai 100 % STBM Lima Pilar. Sesuai rencana aksi yg disepakati bulan lalu dan bulan ini, Desa sudah memesan 100 kloset pada Paguyuban tukang peduli sanitasi yang didanai melalui Alokasi Dana Desa (ADD) dan anggaran Pemerintah Kecamatan sebagai bentuk kontribusi pada warga yang siap membangun jamban.

Comments & Responses