Sanitarian, Terbantu Program STBM Lima Pilar

Masuknya program STBM Lima Pilar di Desa Timbanuh, memberikan berkah tersendiri bagi Sanitarian Puskesmas Pringgasela, Hasmi Handayani. Untuk menanggulangi penyakit berbasis lingkungan di desa yang baru mekar itu, Ia membutuhkan kiat-kiat extra. Program tersebut layaknya “dewa penolong” yang turut memberi jalan lapang baginya mengemban tugas mulia itu.

Hasmi menuturkan, sehari-hari Ia bertugas memberikan konseling bagi penderita atau bagi masyarakat yang berkonsultasi. Biasanya klien sanitarian, direkomendasi dokter untuk mengkonsultasikan penyakit yang timbul dari kondisi lingkungan yang tidak sehat.

1978682_400737770063603_100630351_nSetelah menerima informasi atau keluhan, Sanitarian atas kesepakatan dengan klien, turun meninjau lokasi atau lingkungan rumah yang bersangkutan kemudian memberi solusi atau saran agar terhindar dari penyakit.

Apa yang dilakukannya, sangat didukung dengan adanya program STBM Lima Pilar, sehingga dalam dua tahun terakhir, penyakit dampak lingkungan menurun secara drastis.

Dengan kondisi masyarakat dan Tim STBM Desa dan Kecamatan wilayah kerjanya saat ini, Ia menyatakan siap melanjutkan kegiatan itu meskipun pada saatnya nanti dampingan YMP-NTB berakhir. Dengan modal 20 Kader pada 4 Posyandu yang ada di desa itu, Ia siap melanjutkan program. Saat ini sudah hampir tidak ada warga yang BAB sembarangan sehingga tidak lagi banyak ditemukan kotoran di kebun, ladang atau pekarangan rumah, ujarnya.

Menyinggung sampah plastik sebagai suatu pemicu masalah lingkungan, menurutnya bisa menguntungkan tapi juga bisa merugikan, tergantung dari perlakuannya. Namun soal konsumsi snack bagi anak-anak, dikatakannya bisa berdampak buruk bagi anak-anak dan manusia pada umumnya.

Dia menuturkan pengalamannya menjumpai tiga Balita sakit panas dan batuk ketika turun monitoring di desa. Setelah ditanya orang tuanya, diperoleh informasi kalau anaknya sudah diberikan makan snack harga 500 rupiah. Makanan seperti itu, katanya mengandung zat berbahaya MSG yang bisa menyebabkan radang tenggorokan jika sering dikonsumsi. Selain itu bungkus snack berwarna silver di dalamnya, adalah pengawet tembaga yang juga tidak baik untuk kesehatan anak.

Comments & Responses