Maret ini, Pilar 1 Desa Timbanuh 100 %

Camat Pringgasela, Hanuddin, S.Sos., menyatakan dirinya bersama Tim STBM Lima Pilar Kecamatan Pringgasela sangat mendukung pelaksanaan program tersebut. Karena itu, Ia bersama Timnya menjadwal turun ke semua dusun di dua desa sasaran program, yakni Desa Timbanuh dan Pengadangan Barat, untuk melakukan monitoring dan pembinaan, sekaligus mengevaluasi kekurangan yang harus segera teratasi.

Menurut mantan pejabat Badan Pelaksana Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lotim itu, Ia bersama instansi lain di wilayah kerjanya, seperti Puskesmas, UPTD Dikpora, Koramil, Polsek, UPTD Pertanian dan unsur lainnya sangat solid dalam menjalankan berbagai program, termasuk dalam mendukung program STBM Lima Pilar. Masing-masing Instansi menjalani perannya sesuai dengan Tupoksi.

Karena itu sosialisasi mengenai STBM Lima Pilar, tidak hanya disampaikan secara formal, tetapi juga informasi tentang manfaatnya bagi kehidupan masyarakat disampaikan dalam setiap kesempatan bertemu masyarakat, termasuk ketika diundang menghadiri hari-hari besar Islam.

Ia menyatakan gerakan STBM Lima Pilar tanpa subsidi ini merupakan pembelajaran yang baik bagi semua pihak, karena membangun kapasitas dan moril masyarakat untuk mewujudkan lingkungan kehidupan yang sehat secara mandiri. Menurutnya YMP-NTB memiliki perhatian yang sangat besar dalam hal ini, dan dituturkannya sering bertemu dengan pimpinan LSM itu, Ellena Rachmawati, ketika turun ke lapangan.

Ia berharap agar semua pihak termasuk masyarakat menjadikan perhatian lembaga itu sebagai motivasi untuk terus bergerak melanjutkan program hingga STBM Lima Pilar benar-benar tuntas sebelum YMP-NTB meninggalkan desa. Ia percaya, bahwa program tersebut akan menjadi kebutuhan masyarakat, apalagi bagi mereka yang telah merasakan manfaatnya.

1960788_401125266691520_1093128637_o

“Jadi program STBM Lima Pilar lambat laun menjadi milik masyarakat yang akan dilanjutkan dan pelihara”, ujarnya.

“Saat ini saja, Pemerintah Desa Timbanuh sudah mengalokasikan ADD untuk pengadaan closet dan mendukung program itu. Ini merupakan tanda-tanda masyarakat siap melanjutkannya tanpa dampingan Pemerintah Daerah dan LSM” paparnya didampingi Sekcam setempat.

Untuk menghadapi deklarasi pada Agustus mendatang, Pemerintah Kecamatan Pringgasela juga akan memanfaatkan pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBRGM) Kecamatan Tahun 2014. Selain memusatkan pelaksanaannya di Desa Timbanuh, juga pada kesempatan itu Pemerintah Kecamatan akan menyerahkan 100 unit closet dan bantuan terkait lainnya.

Ia menghimbau masyarakat untuk memberikan perhatian terhadap program yang sangat penting dalam membangun derajat kesehatan masyarakat, sementara kepada Instansi terkait dimintanya untuk tidak jemu memberikan penyuluhan dan pembinaan demi terwujudnya masyarakat yang sejahtera.

Comments & Responses