Dikes, Reflikasi Model Pendekatan YMP

1956964_401124616691585_1976494327_o

Kepala Seksi di Bidang Penyehatan Lingkungan (P2L) Dinas Kesehatanan, Lalu Saruji Ahmad, SKM., menegaskan komitmen lembaganya untuk tetap mengembangkan STBM Lima Pilar, dan dalam minggu ini akan melakukan refreshing fasilitasi STBM Lima Pilar bagi Sanitarian, Bidan, dan petugas Promkes di 10 Puskesmas diluar lokasi kegiatan YMP NTB.

Kegiatan itu dalam implementasinnya akan mereflikasi model pendekatan yang dilakukan YMP NTB selama ini. Selain itu, minggu ini juga akan dilakukan sosialisasi Desa Sehat, pada 30 Desa di wilayah kerja 10 Pusekesmas tersebut.

STBM Lima pilar selanjutnya akan digencarkan melalui Klinik Sanitasi yang sudah diaktifkan kembali, sebagai hasil pertemuan dengan semua Sanitarian Kabupaten Lombok Timur. Kemudian melalui fasilitas pelayanan kesehatan di Puskesmas, Pustu, Polindes, program itu dikembangkan dan diterapkan. Bersamaan dengan itu pula, Dinas Kesehatan, akan menggalakkan kerjasama lintas sektor dalam Pokja AMPL termasuk dengan YMP NTB.

Untuk mengukuhkan kerjasama dan koordinasi lintas Sektor itu, telah disepakati Tim Kabupaten untuk merumuskan bersama dan mengusulkan suatu regulasi dalam bentuk Instruksi Pemerintah Daerah, yang intinya merupakan bentuk dukungan Pemerintah Kabupaten terhadap STBM SHOW, dan menggerakkan semua stakeholders yang ada.

Sementara di tingkat Puskesmas, dukungan STBM diupayakan melalui Dana BOK, dan untuk meningkatkan kapasitas Sanitarian, Tim Kabupaten akan langsung turun melakukan pembinaan ke Puskesmas. Untuk menunjang berbagai kegiatan itu, dikembangkan selain sistem monitoring berbasis SMS, juga sistem monitoring partisipatif model YMP NTB untuk desa-desa di luar lokasi kegiatan YMP NTB saat ini.

Comments & Responses