Kolase Momen: Studi Banding Mabar Ke Lotim

Berbagi Pengalaman.

Yayasan Masyarakat Peduli mendapat kunjungan dari Kabupaten Manggarai Barat, NTT. Kunjungan bertujuan untuk menggali pengalaman atas kegiatan SEHATI-STBM yang dilakukan oleh YMP.

Berbagi pengalamanan, 
Saling bertukar pikiran,
Menggali ide kreatif atas program yang sedang berjalan,

Serta berdiskusi secara terbuka adalah beberapa hal yang layak dilakukan secara berkala dan dengan semua pihak.

Sebuah program yang dijalankan di masyarakat tidak bisa dijalankan sendiri tanpa membuka kran komunikasi/informasi dengan banyak pihak. Tak terkecuali pengalaman dari daerah lain.

Apakah pola pendekatan yang dilakuan YMP ‘appropriate’ untuk diterapkan di Manggarai Barat, NTT?

Jawabannya bisa iya, bisa tidak.

Kenapa bisa tidak? Karena kultur, sosio ekonomi, dsbnya berbeda antara masyarakat di Manggarai Barat dan di Lombok Timur.

“Terus buat apa dong sharing pengalaman kalau tidak bisa serta merta menerapkan hal sama di daerah lain?”

Jawabannya adalah sharing seperti ini bisa memunculkan sebuah ide yang ‘diadopsi’ kemudian ‘diadaptasikan’ dengan kondisi lokal setempat. Bukan ‘mengimpor’ pendekatan dari daerah lain tetapi ‘mengadaptasikannya’ dengan kondisi lokal yang jelas berbeda.

Dan buat kami, berbagi pengalaman itu penting.

Karenanya kunjungan seperti ini menjadi sangat berarti karena dengan forum berbagi seperti ini kami bisa saling memetik pelajaran penting untuk tumbuh lebih baik.

Berikut kami re-share sejumlah kolase momen yang didokumentasikan oleh Yayasan Dian Desa selama kunjugan ke Lombok Timur.
Courtesy [All] Photo: Yayasan Dian Desa.

Comments & Responses